ULASAN 1 - End to End Encryption(E2EE)

Pada ulasan pertama ini, saya akan mengulas video berjudul End to End Encrpytion (E2EE) yang dibuat oleh kanal Youtube bernama Computerphile.  Video berdurasi  8 menit 11 detik ini dipublikasikan pada tanggal 30 Maret 2017 dan sudah ditonton oleh lebih dari 150.000 pengguna Youtube. Video bertema keamanan jaringan ini membahas tentang enkripsi end-to-end yang sedang banyak digunakan terutama pada aplikasi-aplikasi mobile chat. Video ini bisa diakses melalui https://youtu.be/jkV1KEJGKRA.

Enkripsi bukan merupakan suatu yang baru pada dunia digital. Hampir setiap data yang dikirim melalui internet untuk menjaga kemanan data. Metode enkripsi yang paling umum adalah menggunakan public key dan private key. Video tersebut menjelaskan bahwa biasanya terdapat dua key pada proses pengiriman pesan. Key antar pengirim dan server serta key antara penerima dan server. Dalam proses ini, ada saat dimana pesan dalam keadaan tidak terenkripsi yaitu pada saat di server. Hal ini membuat pesan menjadi kurang aman. Jika server di-hack maka semua pesan bisa dibaca oleh hacker tersebut. Pemerintah juga bisa membaca pesan pribadi dengan cara meminta akses kepada penyedia layanan.

Hal tersebut menjadi alasan adanya end-to-end encrpytion. Pada metode end-to-end, hanya ada pertukaran key antara pengirim dan penerima. Hal ini menyebabkan, server tidak bisa membaca pesan yang dikirim karena proses enkripsi dilakukan di client pengirim dan proses dekripsi dikirim di client penerima. Penyedia layanan sekalipun tidak bisa membaca pesan tersebut dan memberikannya kepada pemerintah. Dalam video itu, dijelaskan, pada metode enkripsi seperti ini, biasanya hacker menyerang client bukan server.

Video tersebut memberikan penjelasan yang cukup jelas dan disertai dengan ilustrasi sehingga mudah dipahami. Topik yang diangkat dalam video ini juga sangat menarik dan baik untuk ditonton terutama untuk penggemar teknologi. Terlebih metode enkripsi seperti ini sedang banyak digunakan oleh aplikasi-aplikasi chat seperti Line dan WhatsApp. Dengan menonton video ini, saya bisa menambah wawasan saya dalam dunia keamanan jaringan.

GitHub Account: arielmikiabraham
Pemetaan Materi: week02
Revisi Pertama: 2 Desember 2017
Revisi Terakhir: 2 Desember 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULASAN 2 - Bitcoin, Blockchain Forks & Lightning

RANKING09 ULASAN PESERTA OS 2017-2

RANKING05 ULASAN PESERTA OS 2017-2